8 Tips Meningkatkan Semangat Belajar

Spread the love

Semangat belajar yang menurun merupakan suatu fenomena yang umum terjadi di kalangan siswa. Namun Anda tidak membiarkan hal ini terjadi hingga berlarut-larut karena tentunya ketika Anda bersekolah ada hal yang harus dicapai. Selain itu setiap harinya merupakan hari baru yang akan berdampak pada masa depan Anda nantinya.

Tips Agar Semangat Belajar Bisa Meningkat

Menurunnya semangat dalam belajar ini sangat umum terjadi khususnya bagi para siswa yang berada di tingkat akhir. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi bisa karena sudah sangat suntuk selama bertahun-tahun di SD, SMP atau SMA. Bisa juga karena tertekan karena harus lulus dan menggapai sekolah di tingkat selanjutnya.

Namun ketika akan menghadapi ujian, semangat belajar justru harus ditingkatkan tidak boleh sampai kendor. Kata kata motivasi bisa menjadi solusi Anda agar selalu merasa tenang dan tidak terlalu tertekan menghadapinya.

1. Menentukan jadwal belajar

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan jadwal belajar. Diharapkan dengan menentukan jadwal yang teratur ini Anda akan semangat dalam belajar dan pelajaran yang Anda pelajari juga lebih teratur.

Contohnya Anda bisa menentukan setiap harinya berapa lama durasi waktu belajar Anda setelah itu Anda juga bisa menentukan mata pelajaran apa yang akan dipelajari hari itu yang disesuaikan dengan jadwal pelajaran Anda di sekolah.

Ketika Anda sudah menentukan jadwal belajar ini maka Anda mengetahui hal apa yang akan dipelajari atau tujuan apa yang akan dicapai dengan mematuhi jadwal belajar yang sudah ditentukan Anda pasti akan semangat dalam mempelajarinya.

2. Mengenali gaya belajar yang dimiliki

Setiap orang memiliki gaya belajarnya tersendiri, oleh karena itu Anda wajib untuk mengetahui gaya belajar apa yang dimiliki. Hal tersebut karena gaya belajar ini akan mendukung Anda dalam proses belajar. Seperti yang diketahui pada kurikulum yang diterapkan di sekolah Indonesia saat ini sudah menerapkan proses pembelajaran yang menyesuaikan gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswanya loh.

Oleh karena itu meskipun sedang di rumah, penting sekali untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki karena akan memberikan Anda semangat dalam belajar. Gaya belajar itu sendiri terdiri dari audiotori, visual dan kinestetik. Seseorang yang memiliki gaya belajar visual akan sangat terganggu belajarnya apabila terdengar suara-suara yang tidak perlu baik itu kegaduhan ataupun suara musik.

Sedangkan seseorang yang memiliki gaya belajar audiotori akan sangat nyaman belajar sambil mendengarkan musik. Penerapan gaya belajar ini sangat mempengaruhi semangat dalam belajar karena materi yang dipelajari akan lebih mudah diserap dan dipahami. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui gaya belajar Anda ya.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup ternyata juga mempengaruhi semangat Anda dalam belajar loh. Ya, bagaimana tidak, ketika Anda merasa kelelahan karena tidak istirahat dengan cukup pasti Anda akan merasa malas dan mengantuk untuk belajar. Oleh karena itu penting memperhatikan stamina tubuh Anda dengan istirahat yang cukup salah satunya.

Namun yang dimaksud istirahat ini tidak berarti tidur saja namun istirahat sejenak untuk merefresh otak juga menjadi bagian dalam istirahat yang cukup. Jadi ketika Anda belajar 2 sampai 3 jam lamanya perlu diselingi dengan istirahat 5 sampai 10 menit.

Istirahat sejenak ini penting sekali agar pikiran Anda tetap fokus dan Anda juga akan merasa lebih nyaman dan menikmati setiap proses pembelajaran yang dilakukan. Idealnya ketika belajar juga perlu adanya selingan istirahat namun perlu diingat waktu tersebut harus Anda batasi jangan sampai Anda terlena untuk beristirahat dan tidak melanjutkan belajar Anda lagi.

4. Rutin berolahraga

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi dalam belajar adalah dengan rutin berolahraga. Sesibuk apa pun Anda belajar, penting bagi Anda untuk berolahraga secara rutin.

Oleh karena itu tidak heran jika di sekolah Anda akan mempelajari mata pelajaran olahraga bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan akademik saja mempelajari pelajaran olahraga. Namun Anda juga bisa mengeluarkan keringat ketika berolahraga yang sangat baik bagi tubuh Anda.

Tetapi ketika liburan Anda pasti tidak akan mempelajari mata pelajaran olahraga. Oleh karena itu tanamkan pada diri Anda untuk berolahraga rutin di pagi hari seperti berlari kecil atau sesekali berenang atau bermain basket.

5. Menghilangkan distraksi

Selanjutnya semangat dalam belajar memang dibutuhkan konsentrasi yang penuh. Oleh karena itu hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghilangkan distraksi yang bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam belajar. Contohnya matikan TV sebentar saja agar Anda bisa fokus dalam belajar selain itu simpan gadget Anda agar tidak terdistraksi ketika ada pesan masuk atau notifikasi lainnya.

6. Menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar

Tips selanjutnya ciptakan suasana belajar yang akan membuat Anda nyaman. Hal ini mungkin terlihat cukup sederhana namun ternyata lingkungan yang nyaman akan sangat mempengaruhi Anda dalam belajar loh. Jadi ciptakan suasana yang kondusif dan senyaman mungkin agar Anda bisa berkonsentrasi saat belajar.

Contohnya dengan membersihkan meja belajar, semprotkan pengharum ruangan hingga pasang air humidifier agar ruangan Anda terasa segar. Hal-hal tersebut akan sangat mendukung Anda ketika belajar loh. Menempelkan kata kata motivasi di dinding kamar bisa menjadi solusi Anda juga agar selalu bersemangat.

7. Belajar dengan teman

Selanjutnya jika terdapat beberapa hal yang tidak Anda pahami mungkin akan membuat Anda cukup frustrasi bukan? Oleh karena itu tips selanjutnya selain belajar mandiri yang bisa meningkatkan konsentrasi Anda dalam belajar. Sesekali belajar secara berkelompok bersama teman bisa menjadi solusi untuk Anda agar bisa memahami materi pelajaran dengan baik.

Oleh karena itu agar Anda bisa memiliki semangat dalam belajar ada baiknya untuk memilih teman yang senang belajar. Hal tersebut karena ketika Anda berteman dengan seseorang yang senang belajar, Anda pasti juga terpengaruh untuk semangat belajar.

8. Menggunakan media berupa video interaktif

Tips selanjutnya agar materi pelajaran dapat dipahami, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan seperti belajar dengan teman atau mengikuti akademi atau bimbingan belajar. Namun kedua hal ini hanya bisa dilakukan ketika kegiatan tersebut berlangsung namun ketika Anda akan mengulang pembelajarannya Anda masih kesulitan juga.

Oleh karena itu salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa video interaktif. Melalui video interaktif menggunakan teknologi ini Anda pasti tidak akan bosan karena melihatnya melalui sebuah video. Selain itu Anda juga bisa mengulangi penjelasan yang ada di video jika masih ada materi yang belum dipahami.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat Anda dalam belajar. Ingatlah selalu kata kata motivasi yang bisa memberikan kekuatan Anda dalam belajar dan selalu bersemangat.