Tips Menjaga Kesehatan Dengan Memotivasi Diri Sendiri

Spread the love

Memiliki pola hidup yang sehat tentunya impian semua orang dan memang wajib untuk dilakukan. Hal tersebut karena kunci utama dari kesehatan fisik dan psikis Anda adalah dengan diterapkannya pola hidup sehat. Namun sayangnya ketika Anda sudah memasuki usia yang dianggap tidak muda lagi justru dianggap enteng dan terkadang meremehkan hal tersebut.

Pola hidup yang sehat memang wajib diterapkan dimulai dari usia muda, mengapa? Alasannya tentu saja agar ketika Anda sudah memasuki usia tua, Anda sudah terbiasa melakukan pola hidup tersebut dan pastinya Anda akan selalu nyaman dalam menjalani.

Namun bagi Anda yang belum terbiasa menjalani hal tersebut, belum terlambat untuk memperbaiki pola hidup Anda untuk menjadi sehat. Ingat selalu bahwa tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik.

Tips Dalam Memotivasi Diri Memiliki Pola Hidup Sehat

Memiliki pola hidup yang sehat sebenarnya bukanlah perkara sulit yang dilakukan namun memang dibutuhkan motivasi yang cukup tinggi agar Anda bisa menjalaninya lebih baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda bisa termotivasi untuk menjalankan pola hidup sehat.

1. Tulis tujuan Anda

Tips yang pertama tulislah tujuan hidup yang ingin dicapai, Anda bisa menuliskan tujuan dalam hal apa pun termasuk yang berkaitan dengan tubuh Anda. Sehat bukan berarti memiliki tubuh yang kurus, bukan juga berarti harus mengonsumsi makan yang banyak. Namun yang disebut sehat tentu saja memiliki tubuh yang ideal dan melakukan hal-hal yang memberikan dampak positif bagi tubuh Anda sendiri.

Jadi Anda bisa memulai dengan menulis tujuan seperti kondisi fisik atau psikis apa yang Anda inginkan ketika Anda melakukan pola hidup sehat? Berapa berat badan yang Anda inginkan untuk dicapai agar ideal? Anda bisa menuliskan hal tersebut.

2. Lawan rasa malas

Kunci utama dalam melakukan pola hidup sehat sebenarnya ada pada sikap Anda untuk tidak malas. Ya, jadi jika Anda ingin memiliki pola hidup sehat lawan rasa malas Anda untuk berolahraga dan lawan rasa malas Anda untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Anda juga bisa mencontoh Selebgram atau idola Anda yang memiliki pola hidup sehat untuk dijadikan panutan. Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak orang yang sadar akan kesehatan. Ada banyak sekali yang sudah mencanangkan untuk memiliki pola hidup sehat.

Seperti dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang rendah lemak, mengandung kalori dan serat yang cukup, kaya akan vitamin dan gizi seimbang dan lain sebagainya. Oleh karena itu saat ini sudah banyak yang menjalankan bisnis memproduksi makanan untuk diet sehat.

3. Rencanakan sebaik mungkin

Selain menuliskan tujuan dari pola hidup sehat yang akan Anda jalankan, Anda juga bisa menuliskan rencana Anda secara terperinci. Anda bisa merencanakannya seperti di minggu ini olahraga apa yang akan Anda lakukan atau di minggu ini kegiatan fisik apa yang akan Anda capai.

Misalnya melakukan push up 30 kali setiap hari atau hal-hal lainnya. Nah, jika sudah direncanakan dan Anda berhasil melakukan hal tersebut, Anda bisa menandainya dan pasti hal ini akan membuat Anda merasa senang dan puas atas pencapaian tersebut.

4. Istirahat yang cukup

Tidak hanya olahraga dan makanan bergizi saja yang penting, kunci utama selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Apabila ketiga hal ini seimbang dan terus beriringan pasti Anda akan merasa senang karena tubuh Anda terasa sehat. Selain itu tidak hanya secara fisik, namun hati Anda juga akan merasa bahagia karena memiliki pola hidup yang teratur dan pastinya sehat.

Tahukah Anda ternyata istirahat yang cukup tidak hanya untuk mengistirahatkan tubuh Anda saja loh, namun memiliki pola tidur yang cukup juga bisa membuat diri Anda tampak lebih muda. Mengapa bisa terjadi? Sekarang coba bandingkan seseorang yang memiliki pola tidur yang cukup dengan yang sering begadang pasti akan terlihat sekali perbedaannya.

Orang yang sering begadang untuk melakukan hal-hal yang tidak perlu pasti akan terlihat lesu dan kusam bahkan seseorang tersebut juga tidak memiliki semangat dalam menjalani hidup. Oleh karena itu tidak heran jika tidur yang cukup adalah kunci dalam melakukan pola hidup sehat.

5. Berteman dengan seseorang yang memiliki tujuan yang sama

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah berteman dengan seseorang yang mempunyai tujuan yang sama. Hal tersebut karena pasti Anda akan lebih merasa bahagia ketika berolahraga bersama dengan teman Anda.

Tidak ada alasan lain untuk hal ini karena dukungan dari orang di sekitar Anda juga bisa membuat Anda termotivasi untuk tetap menjalankan hidup yang sehat. Hal ini akan berbeda ketika Anda berteman dengan seseorang yang memiliki tujuan yang berbeda.