6 Cara Jitu Memotivasi Karyawan Perusahaan

Apa yang diimpikan oleh banyak perusahaan pastinya adalah karyawan yang memiliki kinerja yang baik. Hal tersebut karena kinerja karyawan akan mempengaruhi pertumbuhan perusahaan tersebut. Oleh karena itu supaya dapat menunjang pertumbuhan perusahaan dibutuhkan tips atau cara yang bisa meningkatkan motivasi karyawan dengan tepat.

Tips Untuk Membangun Motivasi Karyawan

Setiap karyawan yang ada pada perusahaan akan saling berkesinambungan dalam menciptakan kemajuan pada perkembangan bisnis perusahaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat memotivasi karyawan agar semangat dalam bekerja.

1. Menciptakan kompetisi yang sehat

Sebuah kompetisi diketahui dapat meningkatkan motivasi seseorang, akan tetapi perlu digarisbawahi bahwa kompetisi yang dimaksud di sini adalah kompetisi yang sehat. Kompetisi yang saling membangun dan disepakati secara bersama antar tim dengan menentukan target yang ingin dicapai akan memberikan tantangan dan antusias para karyawan untuk memberikan yang terbaik.

Selain itu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menetapkan aturan permainan yang harus dipatuhi bersama akan menciptakan challenge yang akan membuat para karyawan menjadi lebih produktif. Dengan adanya tantangan akan memberikan ikatan yang kuat dan dari sinilah timbul lingkungan yang saling mendukung.

Adanya kompetisi bisa juga dikaitkan dengan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan sehingga kinerjanya akan lebih efisien. Selain itu ide menarik lainnya yang berkaitan dengan kompetisi, Anda bisa melakukan kompetisi di luar perusahaan contohnya seperti kegiatan outing yang akan menambah semangat dan juga bisa merefresh kepenatan yang dimiliki karyawan selama ini.

2. Saling menghargai

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan adalah jangan lupa untuk saling menghargai siapa pun antar karyawan tanpa terkecuali. Mengapa perlu dilakukan hal ini? Hal tersebut karena ketika karyawan merasa dihargai hasil kerjanya maka seorang karyawan tersebut akan melakukan hal yang baik juga untuk perusahaan.

Bagaimana cara menghargai yang benar? Anda bisa saling menghargai dengan melakukan komunikasi yang baik yaitu menggunakan bahasa yang baik, tidak menunjukkan kata kasar serta tidak menyakiti lawan bicara Anda.

Jadi meskipun Anda sudah akrab, Anda harus tetap mengingat batasan apa saja yang perlu diingat. Hal tersebut karena Anda berada di lingkungan pekerjaan selain itu Anda juga ingin bekerja secara profesional bukan? Jadi sekalipun sudah akrab tetaplah gunakan bahasa dan sikap yang sopan.

3. Memberikan kesempatan untuk tumbuh

Tips selanjutnya perusahaan juga perlu memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bisa tumbuh. Hal tersebut karena ketika seorang karyawan diberi kesempatan untuk bisa belajar lebih banyak maka motivasi akan meningkat dan berpengaruh baik pada kinerjanya. Contohnya bisa dengan memberikan training pada karyawan agar potensinya semakin meningkat.

Seiring dengan meningkatnya potensi yang dimiliki maka kinerjanya juga akan meningkat. Tak lupa juga Anda juga harus saling membantu satu sama lain karena ketika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan artinya Anda berada pada satu tim yang sama dan memiliki tujuan yang sama. Jadi dalam hal ini lingkungan pekerjaan akan memberikan kesempatan setiap individu untuk tumbuh dan berkembang.

4. Membangun kepercayaan pada karyawan

Selain sikap saling menghargai dan saling membantu, kepercayaan menjadi kunci utama selanjutnya dalam meningkatkan motivasi serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kondusif. Kepercayaan ini ternyata mempunyai pengaruh yang cukup penting loh dalam bekerja karena karyawan yang dipercaya melakukan pekerjaan tentunya akan lebih maksimal dibanding karyawan yang pekerjaannya selalu dicurigai.

Dimana dalam kepercayaan ini mengandalkan adanya kejujuran, jadi agar Anda bisa dipercaya Anda harus memiliki sifat yang jujur. Begitu juga dengan perusahaan agar lingkungan pekerjaannya baik maka perusahaan juga perlu menanamkan sifat jujur pada setiap karyawannya.

5. Memberikan kesempatan untuk memimpin

Selanjutnya tidak hanya memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang namun memberikan kesempatan karyawan untuk memimpin juga menjadi salah satu aspek yang bisa meningkatkan motivasi dalam bekerja juga loh. Hal tersebut karena ketika individu mencoba menjadi seorang pemimpin maka nalurinya untuk memotivasi orang lain dan dirinya sendiri akan tercipta.

Contohnya Anda bisa memberikan kesempatan bagi setiap karyawan untuk menjadi PIC pada sebuah projek. Hal ini akan memberikan semangat karyawan dan memotivasi kinerjanya untuk menjadi lebih baik.

6. Memberikan bonus

Reward juga menjadi salah satu hal yang mendukung kinerja karyawan meskipun uang bukan segalanya dan apabila melakukan suatu pekerjaan dengan ikhlas akan membuat Anda enjoy melakukannya. Namun ketika karyawan mendapat bonus atau fasilitas lainnya justru akan membuat para karyawan lebih bersemangat dan sangat termotivasi untuk melakukan hal baik bagi perusahaannya. Biarpun begitu perlu diingat juga bahwa fasilitas tambahan yang diberikan ini tidak memberikan rasa malas pada karyawan namun diberikan atas pencapaian yang telah dicapai.

Continue Reading →